Jumat, 04 Juni 2021

Menulis Blog ( Ngeblog ) Membudayakan Literasi

Apa itu literasi



Hello sobat shira, pada kesempatan kali ini, kita bahas literasi yuk!



Apa sih itu Literasi 


Literasi secara umum itu memiliki arti keterampilan dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah dalam tingkatan keahlian tertentu dalam kehidupan sehari hari.



Secara singkatnya, literasi itu melek huruf dan memiliki kecakapan membaca dan menulis.



Misalnya nih ada ujaran, "Tingkatkanlah budaya literasi anda!" berarti anda disuruh untuk cakap dalam membaca, menulis... sehingga dengan itu dapat memiliki kemampuan berbicara yang baik, sehingga dapat memecahkan masalah tidak asal - asalan atau hanya ambil dari ego pribadi saja.


literasi ini diperlukan disegala aspek kehidupan, sehingga setiap individu memiliki landasan yang kuat dalam beragumen dan tidak mudah tersulut emosi hanya karna satu sudut pandang sahaja... dan berpendapat, sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya dalam membangun literasi diri sendiri... dan tidak mudah untuk berkomentar buruk, sebelum benar benar melakukan literasi terhadap suatu permasalahan... sehingga diharapkan dengan itu, maka akan berkurangnya angka missed communication.



Jack Goody mendefinisikan Literasi sebagai sebuah kemampuan individu dalam membaca dan juga menulis


Sedangkan UNESCO mendefinisikan literasi sebagai satuan keterampilan nyata, terutama dalam membca dan menulis, terlepas dari konteks dari mana keterampilan itu diperoleh serta siapa yang memperolehnya.


Literacy is the ability to identify, understand, interpret, create, communicate and compute, using printed and written materials associated with varying contexts.Literacy involves a continuum of learning in enabling individuals to achieve their goals, to develop their knowledge and potential, and to participate fully in their community and wider society(UNESCO, 2004; 2017).

 

http://gaml.uis.unesco.org/wp-content/uploads/sites/2/2018/12/4.6.1_07_4.6-defining-literacy.pdf



Alberta juga mendefinisikan bahwa literasi itu ialah kemampuan membaca dan menulis, menambah pengetahuan dan ketrampilan, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, serta kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.


Literacy is critical in helping us make sense of our world. From the time we wake up to the time we go to sleep, we are constantly making meaning of the world around us.


Literacy has traditionally been thought of as reading and writing. Although these are essential components of literacy, today our understanding of literacy encompasses much more. Alberta Education defines literacy as the ability, confidence and willingness to engage with language to acquire, construct and communicate meaning in all aspects of daily living. Language is explained as a socially and culturally constructed system of communication.


https://education.alberta.ca/literacy-and-numeracy/literacy/





Beberapa Cara untuk Membiasakan Literasi 


Memang sih literasi itu perlu dibangun sejak dini, dibiasakan, terlebih jika anda adalah orang tua yang memiliki anak, ketika anda mengajarkan sejak dini budaya literasi, seperti mendongengkan kisah nabi - nabi ( bagi Muslim ), melatih dalam Sholat Berjamaah ( Bagi Muslim ) misalnya, agar otak anak itu terbentuk dari contoh yang baik baik, bahkan membentuk keimanan anak "bahwa Allah, selalu dekat dan Maha Tahu" - itu insyaAllah dapat membantu membentuk filter kedepannya untuk anak anda, ditengah membludaknya informasi hitam dan putih yang berserakan di jagat digital, terlebih hal itu dapat menjauhkan anak dari budaya KORUPSI ketika ia kelak menjadi dewasa.


literasi penting



  1. 1. Membangun Perpustakaan Mini dengan Buku dengan topik topik baik yang disenangi
  2. 2. Cobalah membentuk grup membaca untuk meningkatkan semangat literasi antar anggota
  3. 3. Menulis Diary
  4. 4. Menulis Blog ( Blog ini sarana yang tepat untuk memacu kita melakukan riset dan meningkatkan literasi )




Apa sih Manfaat Literasi?


  1. 1. Secara tidak langsung melatih kinerja otak dengan lebih aktif dalam menerima masukan ( Membaca ) dan mengeluarkan pemikiran ( Menulis )
  2. 2. Seseorang menjadi lebih baik kemampuan interpersonalnya
  3. 3. Dengan kegiatan literasi, kita bisa mendapatkan wawasan atau pengetahuan baru
  4. 4. Kosa kata seseorang menjadi lebih banyak, sangat cocok untuk mahir membangun komunikasi.




Apakah Ngeblog juga termasuk Literasi?


Jelas dong, karena ketika anda ngeblog, buat artikel, tentu anda akan melakukan riset jika ingin membuat artikel yang benar benar mendalam, bukan sekedar opini pribadi sahaja.


Sehingga sobat sobat shira, inilah pentingnya ngeblog... Jujur, saya sendiri ngeblog selain dapat menuangkan pemikiran dari kesimpulan sudut pandang pengamatan pribadi, secara tidak langsung saya jadi mendapatkan banyak pengetahuan baru karena navigasi keyword yang menuntun saya menemukan ilmu ilmu baru, entah itu dalam maupun luar negeri.


Ilmu itu berharga bro, dan sekarang ini, ketika kita ngeblog pun bisa mendapatkan reward... 


Apa itu? Rewardnya adalah hasil karya sobat, yang sobat tulis dari hari ke hari.. itu sangatlah berharga sob...






Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi sahabat Shira...

Jangan ragu untuk komentar... :)




Advertisement
Konten dalam bentuk video ditempatkan disini Channel Youtube Anee
Silahkan berkunjung...

Sponsor



Baca Juga

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only