Hello Shira!

Jumat, 13 Desember 2019

Catatan Era Persaingan

Saat ini perkembangan teknologi semakin cepat ya, dan persaingan di dunia blogging juga makin ketat juga.. yang punya sumber daya dan relasi bisa lebih cepat melesat.

Contoh.. si A adalah pemilik media berita, ia memiliki sepupu, yang pengen juga punya media, si A memberikan pembelajaran spesial tentang media web.. dan si B pun belajar banyak secara langsung, si B di tuntun sampai ia diliput media lain rekanan media si A... Nama si B pun melesat dan media si B pun ikut naik.

Sukses.. ya bisa saja sukses, tetapi si B di katrol.. gak ada yang salah.. karena itulah "persaingan"

Ada kasus lagi si Z, ia mulai dari nol.. ia pun masuk di forum forum.. berharap mendapat relasi, ia kadang juga memposting postingan blognya, dianggap nyepam, tapi lambat lain eksistensi blognya mulai muncul.. ia tak sadar telah membangun eksistensi.. dan relasi.. memang ada yang senang ada yang tidak, tetapi si Z posting di forum yang tepat atau relevan dengan postingannya

Ada yang salah dengan si Z? Tidak! Itulah persaingan.


Terus cerita tentang si C, ia memulai blogging untuk mengejar keuntungan, ia belajar SEO karena ia tau, menjadi yang pertama di mesin pencari bakalan menarik banyak traffic, dan ternyata benar.. ia pun meraih hasil dari apa yang ia usahakan..

Apakah yang dilakukan si C salah? Tidak! Itulah persaingan!

Tetapi yang salah itu persaingan kadang menjadi tidak sehat.. alias saling menjegal dan menjatuhkan.. dan itu mengerikan!

Nah maka dari itu..

Bersiaplah tmen tmen! Itulah Era Globalisasi..
Yang memaksa kita untuk saling bersaing lebih dan lebih.. tidak lain memang itulah efek keterbukaan informasi, disamping menguntungkan kita, itu juga membuat kita sulit mendapat nilai.

Sebenere tidak hanya di dunia blogging aja... di bidang lain juga..

Contoh lain bahkan anak SD pun sudah ada yang dididik orang tuanya untuk mulai bersaing.. 
Misal ayahnya seorang composer musik, ia udah memberikan anaknya mainan Piano, Gitar atau alat musik lainnya, bahkan memberi les musik.... hmmm 

terlalu cepat? Ya memang terlalu cepat! Tetapi ketika anak itu enjoy dan menikmati... bisa jadi itu adalah awal ia unggul ketimbang orang lain..

Oke kembali ke blogging..

Mungkin beberapa dekade lalu dunia blogging tenang.. dan masih minim persaingan.. tetapi sekarang.. teknologi cepat berkembang.. berbagai pembelajaranpun juga tersedia secara terbuka.. dan mungkin kalian atau aku juga salah satu agen dari keterbukaan ilmu, gak masalah! Karena dengan itulah kita berkembang bukan?

Tak ada yang Sempurna, karena kesempurnaan yang Haqiqi adalah milik Sang Pencipta Alam Semesta!

Yang ada hanyalah Keberhasilan!
Kalian liat contoh yang saya bawakan diatas, kebanyakan adalah semua dapat berhasil karena pembiasaan..
Punya banyak ilmu ketika tidak memulai dan membiasakan.. maka ilmunya akan sia sia... Right?

Jadi kuncinya "Pembiasaan" semua Kan mudah jika terbiasa khan? Manusia itu fakir ilmu awalnya! Yup! Tetapi ketika ia membiasakan diri untuk menempa pengalaman, maka iapun jadi kaya Ilmu.


Hitam dan Putih

Di dunia ini terdapat Hitam dan Putih.. Right? Ya, semuanya ada dampaknya masing masing, susah menghapus keburukan di dunia digital, karena semuanya bisa jadi sebuah jejak.. "Berhati hatilah dalam membuat konten, Viral gak ada gunanya jika yang di Viralkan Keburukan khan? Lihatlah dampak kedepan.. kedepan dan ke depannya lagi, maka temen temen akan berpikir 2x untuk melakukannya"

Prinsip Blogging

Ada 1 prinsip yang aku pegang sampai sekarang, bermain secara jujur.. lebih menyenangkan.. lebih mententramkan, jika itu kemampuan kita, ya biarlah orang yang menyukai kemampuan kita yang merapat.. abaikan saja yang tidak suka, karena kemungkinan kita sulit memenuhi kebutuhannya, karena itu bukan yang dibutuhkan mereka khan dan ternyata itu berlaku juga di dunia blogging.. karena itulah kita diberi kemampuan berbeda beda.. untuk saling melengkapi.



Lalu apa yang perlu kita lakukan?

Kalem.. Jangan panik, karena terkadang itu bisa membuat kita terjerumus di sisi gelap..

Setidaknya kamu harus punya minim 1  yang bener bener kamu pro di situ.. kamu menguasai di situ..

Dan itu bisa menjadi nilai plus mu..

Selanjutnya.. "Mulailah" banyak orang menunggu Sempurna ( ingat tak ada kesempurnaan! Karena kesempurnaan adalah milik sang Pencipta Alam Semesta yaitu Allah

Kalo sudah sempurna dulu baru memulai..
Ternyata "Kesempurnaan itu Semu" khan, tiap orang memiliki pandangan berbeda tentang kesempurnaan semu ( yang sebenarnya adalah kepuasan bukan kesempurnaan ).. jadi usahakan yg terbaik yang kamu bisa, dan
Mulailah...



Hehe kayak tagline toko online "mulai aja dulu"

Hehe.



Catatan Shira

Posting Komentar

My Link

...
Situs ini di Dukung oleh RahmanCyber Network, dengan Dukungan DA dan PA, sehingga sudah tidak pusing lagi untuk optimasi.

Whatsapp Button works on Mobile Device only