Kamis, 22 November 2018

Fokuslah Pada Satu Bidang Usaha Dulu





Fokus dan Konsisten itu adalah hal yang susah, bagiku atau mungkin bagi segelintir orang lainnya... terkadang pemikiran pemikiran baru untuk membuat sesuatu yang dapat menghasilkan... tetapi ujung ujungnya, karena terlalu banyak ide maka semakin sulit menentuukan mana yang diprioritaskan.
Mungkin benar, mempunyai banyak kemampuan... tetapi dengan bidang yang berbeda, kemungkinan kita memaksa diri kita, terutama otak kita berpikir dengan keras dan terkadang kita menjadi insan yang mirip seperti robot. 

Heh...

Mungkin ada beberapa orang yang bingung mau usaha apa, karena kekurangan ide.. tetapi.. lain halnya denganku.. karena ide itu banyak sekali... tetapi statusnya sama \\bingung!!\\ hufft.

Nande?

Aku pun bingung dengan apa yang aku alami ini, muncul kegalauan di dalam diri... Aku pun mencari jawaban dari kegalauan yang aku hadapi ini.. mengingat.. terkadang juga stress kalau dalam waktu yang sama dapet job yang beda rule karena harus mengerjakannya ( ekspektasi pribadi ) dengan cara yang berbeda atau mungkin memang manajemen waktu yang buruk.

hmmm akhirnya aku menemukan sebuah artikel yang bagus yang menjawab kegalauan tersebut.. intinya adalah

1. Fokus Dulu Ya

Waktu ternyata jauh lebih berharga daripada uang, percayalah! Kalau Anda membagi-bagi waktu maka bukan tidak mungkin Anda kehilangan uang. Bagaimana bisa? Anda tentu harus bekerja keras membangun produk/ jasa Anda semakin dikenal dan itu butuh waktu yang tidak sedikit. Kalau Anda tidak fokus waktu, yang Anda kerjakan nantinya akan jadi setengah-setengah, itupun kalau bisa sampai setengahnya.

Terima saja kalau Anda tidak bisa melakukan semuanya dan belajar untuk tidak mengatakan tidak pada tawaran bisnis lain. Sering terjadi ketika menjalani dua bisnis atau lebih dalam sekali waktu: Kita jadi lebih memprioritaskan salah satu, sementara yang lain tidak diperhatikan. Hasilnya tentu tidak akan maksimal, bukan? Anda hanya membuang waktu untuk bisnis yang tidak Anda perhatikan tersebut – sementara tentu ada biaya operasional yang harus dibayar.

Dengan Anda fokus waktu pada satu produk / jasa terlebih dahulu, Anda akan punya waktu untuk melakukan beragam hal yang membangun brand Anda. Mari kita bahas ini di poin selanjutnya.


2. Tingkatkan Nilai Usaha Anda

Fokus pada satu bidang usAha akan memungkin Anda punya waktu untuk melakukan beragam hal. Tentu saja hal tersebut adalah meningkatkan value usaha Anda. Anda bisa mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran Anda untuk mengkonsep usaha Anda sedemikian rupa – yang akhirnya tidak “sekadar jadi” tetapi unik! Logikanya adalah ketika kita berfokus pada minat kita dan tidak menjadikannya sekadar menghasilkan saja maka akan lebih banyak lagi ide luar biasa. Inilah yang menjadi value usaha Anda dibandingkan kompetitor.

Anda punya waktu untuk mengeksekusi ide-ide kreatif yang mendekatkan Anda dengan customer Anda, mendengar feedback mereka, dari feedback tersebut Anda memperbarui lagi produk / jasa Anda – hasilnya customer semakin loyal dan bahkan menarik calon customer lainnya. Usaha Andapun stabil!


3. Melirik Usaha Lain, Itu Pilihan Anda!

Setelah usaha yang Anda jalani sebelumnya stabil, Anda boleh melirik usaha lainnya – namun itu adalah pilihan bukan desakan. Konsepnya adalah: Jangan jadikan usaha lain yang akan Anda jalankan untuk membantu keuangan Anda dalam bisnis Anda sebelumnya. Biarkan bisnis Anda bergerak sendiri-sendiri dan menghasilkan untuk masing-masing.


Jadi, fokus pada satu bidang usaha bukan berarti Anda tidak bisa membuka bidang usaha lainnya – itu pilihan. Namun, tipsnya adalah biarkan berbagai bisnis Anda tersebut berjalan sendiri-sendiri, bukan subsidi silang. Usaha Anda punya identitas yang kokoh karena Anda benar-benar menjalankannya dengan eksekusi yang sepenuhnya, membentuknya sedemikian rupa agar unik karena tidak sekadarnya.







Posting Komentar

RahmanCyber Network

...
Ini merupakan bagian dari Manajemen RahmanCyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only