Sabtu, 06 Maret 2021

Kemana Penulis bisa Menerbitkan Karya secara Gratis?

Hai sobat Shira, Kamu Penulis? Saya juga penulis.. dan ketika kamu melihat tulisan ini, berarti kamu tau kemana saya menerbitkan karya tulis saya entah itu Puisi, Cerpen, Novel, atau bahkan tulisan Opini..


tempat untuk menulis gratis



Yup.. Ini adalah salah satu contohnya...


Sebagai penulis pemula yang benar benar memulai dari nol tanpa ada jejaring professional yang bisa mengangkat nama kamu, hal ini cukup membuat kita berusaha beneran..


Tetapi bukan berarti ketika kamu memiliki jejaring professional atau orang tua kamu merupakan penulis professional, kamu bisa seenaknya.. tidak...


Saya yakin jika orang tua kamu adalah seorang penulis, maka kamu akan dididik bagaimana cara menulis yang benar, bagaimana cara membangun cerita yang baik dan lain sebagainya, bahkan sampai pengalaman pemngalaman diturunkan... itu nilai plusnya..


Jadi tidak mentang mentang orang tuanya penulis, jadi asal buat tulisan aja , hal itu berbahaya... kalo ternyata berdampak negatif, maka akan menurunkan citra orang tua kamu sebagai penulis.. atau bahkan akan menjadi hal yang di ingat publik..


Kenapa?


Karena memang resiko anak orang tua yang terkenal gitu dari pengamatan saya, kasihan juga sebenarnya.. karena .. banyak mata yang memonitoring, melakukan tracing.. sampai ada juga yang setiap akun sosmednya di telusuri / dikepoin..


Sebenarnya saya pun juga agak ngeri juga ngliatnya..

apa apa serba terekspos...



Beruntungnya saya disini, saya bukan keturunan orang terkenal..


Pertanyaannya.. Gimana nanti kalo jadi terkenal? Dilema memang, dan sedikit agak menakutkan..


Hal ini menjadi faktor saya maju mundur..




Tetapi memang semua itu perlu persiapan bro...



Layaknya mau manggung.. Dan jika kamu belum terkenal... Nikmatilah Prosesmu... disitu jalan sedang mengujimu... apakah kamu layak, dan jika kamu memang belum terkenal / tidak terkenal..


Mungkin itu merupakan jalan yang terbaik untukmu... 



Nah bagaimana sih agar karya kamu dikenal? Orang takkan bisa mengenalmu, jika kamu tidak menunjukkan sesuatu yang bisa dikenal... betul tidak?


Bahkan usaha jasa desain, jasa layouting, jasa editing video, pun juga perlu usaha agar orang mengenal kemampuanmu, salah satunya dengan PORTOFOLIO.


Misalnya desain, ya portofolio desain, misalnya di Dribleee, atau di Instagram

Misalnya editing video, bisa majang portofolio hasil editan di Youtube.


Jika Penulis? Tentu kamu perlu memajang karyamu di tempat yang menerima hasil tulisan / penerbitan tulisan / platform untuk karya tulis, misal cerpen, cerbung, novel.. dll yang berhubungan dengan literasi.




Tempat Menerbitkan Karya



Disini saya ada beberapa nih referensi buat kalian, Yang sudah saya Coba liat liat ekosistem didalamnya...


1. Wattpad

Ini merupakan platform kepenulisan yang gratis, kebanyakan disini adalah cerita, kalian bisa memajang, Novel, Cerpen maupun Puisi yang dikumpulkan juga bisa..

Tetapi kamu perlu selektif pokoknya di platform ini..

Oh iya.. karena ini platform lama, jadi persaingannya lumayan ya...


di Wattpad ini, sekarang kamu juga bisa mendapatkan penghasilan selain mendapatkan penggemar karya. 


2. Storial

Ini merupakan platform kepenulisan asal indonesia, kamu bisa posting karya kamu disini.. persaingannya masih tidak begitu berat seperti wattpad yang banyak karyua terbit setiap jam.. setiap detik.. hehe

tapi storial ini saya rasa udah rame sekarang...hehe

Oh iya di platform ini juga sering ngadain kontes... 


Storial juga memberikan peluang kamu mendapat penghasilan dari karya yang kamu publish, ada sistem kontrak jika karya kamu bagus dan banyak diminati.


3. KBM

Nah, kalo yang ini aplikasi baru banget.. dan masih dikit penulis yang tau dan gabung.. bahkan kamu juga bisa dapet uang tanpa harus kontrak..

Ini saya taunya dari ig penulis Asma Nadia kalo gak salah.. jadi instal deh..


Di aplikasi KBM ini, kamu bisa juga mendapatkan penghasilan, jika sudah mempunyai banyak buku yang ditulis dan memiliki banyak bab didalamnya, kamu bisa aktifkan kunci bab, jadi pembaca yang penasaran lanjutan cerita kamu, akan membayar dengan jumlah koin yang ditentukan, misalnya 15 koin untuk satu bab.


Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari situ, di KBM ini kamu bebas dan tidak kontrak..




Nah itu ketiga aplikasi yang bisa kamu search di Google Play Store..  nah itu ketiga aplikasi yang pernah saya coba..

sebenarnya masih ada yang lain, seperti NOVELTOON, DREAME, CABACA, tapi sayangnya saya belum pernah mencobanya...


Artikel ini cocok untuk kamu yang belum tau / baru mengenal.. hehe, kalo yang udah tau ya "SALAM KENAL" aja...




Hal yang Enggak Apa Apa Bagi Pemula



1. Enggak apa apa kok nerbitin karya kamu

Ya, itu semua adalah platform gratis, tetapi walaupun demikian, kamu perlu berusaha sebaik mungkin ya, setelah itu biarkan pembaca kamu merespon karya kamu tanpa inteferensi, jadi biarkan mau berkomentar apa aja, jadikan sebagai masukan..

Misalnya buat memperbaiki tulisanmu yang tadi..



2. Enggak apa apa masuk di Grup kepenulisan

Yang namanya grup, kita bakalan nemuin orang dengan berbagai macam karakter... yang bisa saya sarankan adalah, PERKUAT TEKNIK FILTER kamu, enggak perlu terlalu baper di grup... yang penting.. abaikan yang enggak penting.. hehe



3. Enggak apa apa multiple platform

Karena sebagai pemula belum punya basis penggemar, atau follower yang bisa mengkritik tulisan kita.. / menilai tulisan kita, ya enggak apa apa multiple platform.. artinya satu tulisan di sebar ke beberapa platform.. tapi yang gratis ya, karena kalo berbayar ya enggak etis juga kan...


Makannya biasanya saya lihat, ketika penulis di kontrak platform tertentu, dia mengunci atau menghilangkan part berikutnya atau semua isinya, cuman tinggal judul ama cover aja.. lalu dikasih embel embel, lanjutannya di DREAME misalnya... gitu deh... 


Hal ini juga berlaku jika karya diterbitkan. Tidak bisa multiple agent, karena setiap karya yang diterbitkan itu ada penomorannya unik.. jadi enggak bisa multiple penerbit... hehe


4. Enggak apa apa minta masukan di forum

misalnya kamu pemula wattpad, nanti bergabung di Grup KWI misalnya, minta masukan..

Tetapi ingat, sebelumnya, cobalah selami grupnya... lihat postingan sebelumnya.. dari situ kadang kita bisa jadi belajar sesuatu.. misalnya etika, ejaan, penulisan, diksi, contoh blurp dll..




Hal yang jangan dulu bagi Pemula


1. Ngejar Duit

Hal ini akan membuat susah diri kamu sendiri, karena fokus kamu bukan ke karya melainkan uang..

okelah enggak apa apa orientasinya kesitu, tapi? udah ada penggemar? udah berapa karya?

fokus dulu ke tulisan...


Karena saya liat, kebanyakan platform itu ya menargetkan kuantitas pembaca, semakin banyak yang baca dan penasaran ama cerita kamu, semakin banyak kamu dapet.. ( yang pakai koin biasanya) tapi kalo enggak ada, ya enggak dapet..



.......







Sekian Jurnal kita kali ini.. semoga menambah wawasan kalian..

Saya tekankan untuk KBM ini sangat menarik untuk di Instal.



Perlu di Ingat, bahwa kebanyakan penulis memulai jadi seorang penulis terkenal, karena menerbitkan karyanya ( Ya jelas dong ) 👦



Catatan :

Jika tujuan kamu untuk menggaet pembaca dulu, kamu bisa melakukan MULTIPLE PLATFORM.. nanti bandingin mana yang lebih mendatangkan pengunjung,..

Tetapi ya.. dibuka semua.. hehe, kalo udah dikunci, biasanya eksklusif untuk platform tsb..

sama prinsipnya dengan penerbitan.. :D , karena jika multiple, biasanya pembaca (ehmmm..) itu pintar dalam melakukan tracking... sehingga bab yang di kunci jadi enggak laku, karena pembaca bakalan menuju ke platform yang enggak dikunci.. dengan melakukan tracking username, atau judul buku.


Susah ya kak..

Iya emang.. jadi, kalo semampunya kalian aja deh, kalo tetap ingin Multiple platform ya tidak masalah asal di peraturan aplikasi tidak menyebutkan larangan.. 

karna itu kan karya kita.. mau diapain juga hak kita bukan, sebelum ada kontrak dengan pihak lain...


Kak kalau Artikel aku di curi orang gimana?

Selagi kamu nulis karyamu sendiri dan orisinil.. semua ada riwayatnya, siapa yang duluan ngepost.. " kok ceritanya mirip " lihat dulu siapa yang duluan posting.. jadi tenang aja dek..  - Rejeki udah ada yang ngatur..  yang penting kita udah berusaha..


Saya pernah kok dapet insight dari sebuah pengajian di Sebuah Universitas di Semarang kalo gak salah, itu dari pembicara ada yang bercerita..  akibat berbuat curang.. 








Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only