Minggu, 25 November 2018

Mengenal Apa Itu Light Novel



Hello, i'm Shira Kayato

Hmm.. dulu gue sangat penasaran nih ketika temen temen ane menyinggung tentang light novel, sebenarnya gue antara penasaran dan acuh waktu itu.. karena gue saat itu baru terjebak dalam dunia gue sendiri didalam seni kepenulisan.. lalu seiring berjalannya waktu, rasa penasaran gue itu mendorong untuk mempelajari.. istilah kerennya "study" tentang light novel tersebut, dan dari beberapa literatur yang gue baca..
ternyata Light Novel itu adalah sejenis novel berupa teks yang sering disertai dengan ilustrasi dengan corak anime atau manga untuk mendukung visual dari novel tersebut, tetapi ilustrasinya hanya selingan dan tidak sama dengan manga atau komik yang isinya full ilustrasi, biasanya ditujukan untuk pembaca remaja usia sekolah menengah..

hmm sepertinya tidak terlepas dari istilah manga ya.. ya memang sih Light Novel itu seperti adiknya manga atau komik jepang.. kenapa? karena sebagai adik, tidak jauh beda tuh dengan kakaknya, hanya saja komposisinya dibalik.. kalau manga atau komik jepang itu banyak illustrasinya ketimbang teks, tetapi kalau Light Novel itu lebih banyak Teks ketimbang illustrasi gambarnya.



Memang sih kalau di Indonesia ini Light Novel jarang sekali ditemukan, atau karena mungkin istilahnya berbeda dan corak gambarnya berbeda, tetapi memang kalau di indonesia sendiri kebanyakan Novel dengan Illustrasi Tokoh berada di sampul, biasanya gitu sih. Biasanya kalau di jepang, Light Novel banyak diadaptasi menjadi Manga ataupun Anime.. hmm seperti draftnya gitu ya, atau rancangan cerita yang ntar bisa dikembangin jadi manga atau bahkan anime kalau Light Novel nya menarik dan banyak diminati orang.
Contoh beberapa Light Novel yang sudah sukses dibuat Animenya adalah Sword Art Online yang dikarang oleh Reki Kawahara.

> Kelebihan dari Light Novel adalah :

    Cerita yang disajikan lebih lengkap daripada anime (yang berjudul sama)
    Pengembangan karakter di LN bisa lebih luas dari animenya
    Light Novel biasanya original story dari pengarangnya

> Kekurangan dari Light Novel adalah :

    Orang yang berimajinasi rendah sulit membayangkan yang terjadi karena minimnya ilustrasi.
    Biasanya kalau ceritanya panjang pembaca model seperti itu akan menjadi mudah bosan.






Lumayan lah dapet ilmu sekalian gue bagiin di website pribadi gue ini.. supaya ntar gak lupa.. hehe ^_^

Gue sih pengen buat karya semacam itu, hehe tetapi yang agak susah mengillustrasikannya deh.. karena gue belum menguasai teknik membuat illustrasi.. cuma tau softwarenya tapi blum mahir pakainya.. apalagi buat karakter dengan pen tool..  teknik pewarnaan dan pencahayaan aja masih deng deng... kalau ada yg mau bantu buat Illustrasi karakter sih oke.. wkwkwk,


Oke deh sharenya segitu dulu,.. sampai jumpa di sharing ilmu kepenulisan selanjutnya... daaa....




Posting Komentar

RahmanCyber Network

...
Ini merupakan bagian dari Manajemen RahmanCyber Network

Whatsapp Button works on Mobile Device only